“Ajarlah aku melakukan kehendak-Mu, sebab Engkaulah Allahku! Kiranya Roh-Mu yang baik itu menuntun aku di tanah yang rata!” (Mazmur 143:10)

 

Penderitaan dan kesusahan seringkali membuat seseorang kehilangan daya untuk bertahan. Ini juga di alami oleh Daud. Dalam ketidakberdayaannya, yang masih tertinggal hanyalah doa dan harapan bahwa Tuhan yang sanggup melepaskan dan memulihkan keadaan yang ada.

Dari mazmur Daud ini kita bisa belajar bagaimana seharusnya berdoa saat keadaan begitu menekan kita yang tidak berdaya ini. Pertama, kita harus memohon kepada Tuhan dalam kerendahan hati. Sangat disayangkan jika seseorang datang kepada Tuhan dengan berbagai macam tuntutan. Bahkan yang lebih menyedihkan lagi ada orang-orang yang dalam doanya mempersalahkan Tuhan atas semua masalah yang terjadi dalam hidupnya.

Kedua, ingatlah perbuatan-perbuatan Tuhan yang ajaib di masa lalu yang pernah kita alami atau juga orang lain. Merenungkan kebaikan Tuhan adalah hal yang patut dilakukan dalam segala keadaan.  Perenungan semacam ini akan melahirkan ucapan syukur ditengah masalah.

Ketiga, mintalah kepada Tuhan untuk mengajar kita tentang jalan-jalan-Nya. Inilah saatnya kita menyerahkan kehendak dan pikiran kita kepada Tuhan. Saat keadaan baik-baik saja, perlu diakui bahwa kita sering mengandalkan pikiran diri sendiri. Justru dalam kesesakanlah kita bisa menyadari bahwa kemampuan kita terbatas dan hanya Tuhan yang mampu menolong dalam ketidakterbatasan kita.

Keempat, kita harus memiliki keyakinan bahwa Tuhan sanggup untuk menghidupkan kembali semangat yang patah, membangkitkan kita kembali dari keterpurukan. Dan yakinlah bahwa Tuhan adil dalam segala yang dilakukan-Nya.

Jika kita sedang dalam masalah dan pergumulan hidup hari ini, mari berdoalah dengan cara yang berkenan kepada Tuhan maka Ia akan bertindak dengan cara-Nya yang ajaib. (YP-04)

 

Perenungan melalui DOA orang percaya akan melahirkan KUASA UCAPAN SYUKUR dalam setiap masalah (NN)

 

Doa: Ya Tuhan ajarlah kami untuk tetap percaya dan mempercayakan seluruh hidup kami kepada-Mu. Kami yakin segala jalan-Mu sempurna dan adil. Amin.